Beauty of Pearl

Mutiara (pearl) adalah sebuah batu alam yang memiiki pesona indah dan kemilau yang dapat menarik setiap wanita. Mutiara selalu diidentikkan dengan kekayaan dan hanya bangsawan-lah yang mampu memilikinya. Selain sebagai perhiasan, nilai lebih mutiara adalah sebagai lambang kesetiaan dan kelembutan. Tapi kesetiaan bukan hanya ada di kalangan bangsawan saja. Kesetiaan ada di setiap nurani yang mengagungkannya.
Mutiara berkualitas baik sering digunakan untuk menghiasi perhiasan lain yang terbuat dari berbagai logam, batu dan permata dll. Dari perpaduan tersebut mampu memikat hati perempuan akan karya seni yang indah dan daya tarik dari kehalusan perhiasan mutiara itu sendiri. Setiap bagian dari perhiasan mutiara yang bagus memancarkan keindahan dan gaya. Bahkan mutiara dianggap menjadi hadiah yang sempurna dan terbaik bagi orang-orang terkasih diantara perhiasan lainnya.


What is pearl? And how do the pearl form?

Selama ini kita mengenal mutiara dalam bentuk jadi seperti manik-manik ataupun perhiasan. Sebenarnya apakah mutiara itu? Dan bagaimanakah mutiara itu terbentuk hingga seperti yang selama ini kita kenal?.

Hampir semua orang tahu bahwa mutiara diciptakan oleh kerang tetapi apa yang mungkin orang tidak tahu adalah seberapa uniknya batu permata ini. Pertama, mutiara adalah satu-satunya batu permata yang diciptakan oleh organisme hidup. Batu permata lainnya diciptakan oleh bumi dan mineral. Namun mutiara, diciptakan oleh hubungan yang unik antara organisme dan parasit. Ketika ada kontak antara butiran pasir atau parasit dengan bagian dalam kerang, tiram bereaksi. Ini melindungi iritasi berulang-ulang dengan "mutiara" substansi. Di sini,kelahiran mutiara alami terjadi. Proses ini di alam jarang terjadi, sehingga mutiara alami memiliki harga yang tinggi.

Selain itu mutiara juga dapat terbentuk dengan bantuan manusia. Proses tersebut dapat dilakukan dengan budidaya mutiara. Proses pembuatan mutiara adalah satu hal yang paling menguras pikiran dan membutuhkan keahlian khusus. Dibutuhkan dokter bedah-untuk membuka bibir tiram dan mengiris dengan presisi yang benar. Dalam pembedahan bibir tersebut memerlukan teknik khusus. Pada bibir yang dibedah lalu dimasukkan nucleus, kulit kerang yang dibulatkan, ukurannya kira-kira dua kali butiran gula pasir. Nucleus makin lama semakin membesar oleh tumpukan air liur kerang. Setelah selesai, tiram dikembalikan ke laut di mana mereka ditangguhkan di teluk. Tiram yang ditangguhkan tadi disimpan di jaring di bawah air dan dirawat sekitar sejam. Suhu air diuji, bakteri akan dibersihkan, semua untuk memastikan tiram mutiara tumbuh. Satu sampai dua tahun kemudian menjadi mutiara yang ukurannya bisa mencapai sebesar kelereng. Tiram siap dipanen dan dibuka untuk menambahkan warna-warni buatan.

Sebenarnya tidak banyak perbedaan pada mutiara yang dibudidayakan kecuali parasit yang datang ke tiram secara alami, sehingga membantu proses terbentuknya mutiara dengan cepat. Jika proses pembudidayaan itu berhasil maka perbedaan antara mutiara alami dan buatan hampir tidak terlihat bedanya bila dilihat dengan mata telanjang.

3 comments:

RiefDark EmoTic said...

wah tau banyak mbak. . . .

petarna mutiara po. . .???

Ovy said...

mw usaha mutiara yaw mbak????
ingt ovy-ovy.blogspot.com

fay d'pearL said...

riefdark,ovy: makasie mbak-maz atas kunjungan'y k blog nie,,gag juga_cuma berbagi pengetahuan..
Lagian tempat't g tepat,dan btuh keahlian khusus utk melakukan proses pembuatan mutiara.

Post a Comment